7 Pulau Terpencil di Dunia yang Ternyata Bisa Dikunjungi

Sering digambarkan dalam novel dongeng atau acara TV fiksi ilmiah, ada lebih dari beberapa ‘pulau terpencil’ di seluruh dunia. Dari pulau-pulau terjauh ribuan mil dari Afrika ke pulau vulkanik di Pasifik Selatan dengan monumen misterius, ini adalah pulau paling terpencil di bumi.

1. Tristan da Cunha

Wilayah seberang laut Inggris St. Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha terdiri dari pulau-pulau terpencil. Daratan terdekat adalah Afrika Selatan, 1.750 mil ke timur.

Seperti yang dikatakan situs resmi pulau itu, “Tidak ada paket wisata untuk pelancong independen, tidak ada hotel, tidak ada bandara, tidak ada perwakilan liburan, tidak ada klub malam, tidak ada restoran, tidak ada jet ski, atau berenang di laut yang aman.”

2. Diego Garcia

Pulau terpencil ini merupakan pangkalan udara dan angkatan laut yang sangat besar bagi militer Amerika Serikat dan Inggris, berkat lokasinya yang strategis antara Afrika Timur, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Australia.

Pulau itu pernah menjadi rumah bagi lebih dari 1.000 penduduk pulau, yang dipindahkan dari Diego Garcia pada tahun 1971 untuk memberi jalan bagi militerisasi pulau itu dan dimukimkan kembali ke Mauritius dan Seychelles.

3. Pulau Paskah

Terletak 2.340 mil dari Santiago, Chili, Pulau Paskah adalah salah satu tempat terpencil di dunia. Pulau Paskah telah memukau dan memikat para sejarawan, ahli geologi, arkeolog, dan ilmuwan selama ratusan tahun. Pulau ini adalah rumah bagi Moai, pahatan batu besar dengan wajah yang berusia setidaknya 500 tahun. Dengan Moai terbesar dengan berat 82 ton, tidak ada yang yakin bagaimana penduduk pulau memindahkannya.

Baca Juga:  5 Gua Eksotik Terbaik di Indonesia

4. Pulau Pitcairn

Pulau Pitcairn terkenal sebagai pulau terpencil di Pasifik Selatan di mana, pada tahun 1790, para pemberontak HMAV The Bounty akhirnya menemukan perlindungan. Saat ini, ada sekitar 55 orang yang tinggal di Pulau Pitcairn. Sebuah kapal suplai dan penumpang melakukan perjalanan setiap tiga bulan dari Tahiti.

Ada Toko Umum, Gudang dan Kantor Pos di pulau itu. Semuanya buka tiga kali seminggu. Ada internet di pulau itu, tetapi liputan televisi saat ini terdiri dari satu saluran… Australia Plus, saluran berita, urusan terkini, dan olahraga.

5. Kepulauan Kerguelen

Kelompok pulau ini yang dikenal sebagai ‘Kepulauan Desolasi’ adalah sebuah kepulauan di selatan Samudera Hindia. Mereka terletak 2.050 mil dari pantai Madagaskar, dengan hanya 45 hingga 100 tentara, ilmuwan, insinyur, dan peneliti yang tinggal di sini. Pulau-pulau itu sedingin es, dan keras.

6. Pulau Bouvet

Pulau tak berpenghuni ini terletak di tengah antara Afrika Selatan dan Antartika. Pulau Bouvet adalah salah satu pulau yang paling terisolasi di dunia, dengan 89% pulau tertutup oleh gletser. Menariknya, ini telah menjadi latar setidaknya tiga buku dan satu film, termasuk film tahun 2004 “Alien vs. Predator.” Ingin berkunjung ke sini? Anda dapat berhenti di kapal pesiar Antartika dengan Oceanwide Expedition.

7. Pulau Raoul

Pulau vulkanik ini adalah bagian dari rantai Kepulauan Kermadec dari 80 pulau di antara Tonga dan Selandia Baru. Pulau Raoul adalah yang terbesar dari grup. Upaya dilakukan untuk menetap di Pulau Raoul dari tahun 1830-an, tetapi tidak pernah berhasil. Isolasi, kurangnya air tawar dan letusan gunung berapi sesekali membuat tempat yang sulit untuk hidup.

Baca Juga:  7 Objek Wisata Kota Tua Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan

Related Posts