7 Fakta Luar Biasa Tentang Piramida Giza

Piramida Giza telah membingungkan para sarjana, sejarawan, dan ilmuwan paling terpelajar sekalipun selama bertahun-tahun. Dari hubungan astrologi, simetri sempurna, dan teknologi yang jauh lebih maju pada masa itu, mereka benar-benar merupakan struktur yang luar biasa. Meskipun masih banyak pertanyaan yang harus dijawab tentang bagaimana dan mengapa piramida ini muncul lebih dari 4.000 tahun yang lalu, beberapa hal sudah pasti. Berikut tujuh fakta tentang The Pyramids of Giza.

1. Mereka Adalah Tujuh Keajaiban dunia Kuno Tertua dan Terakhir yang Tersisa

Piramida Giza adalah satu-satunya keajaiban yang tersisa dari 7 Keajaiban Dunia Kuno. Daftar ini pernah termasuk Colossus of Rhodes, Mercusuar Alexandria dan Kuil Artemis, yang semuanya telah binasa.

2. Ada lebih dari 100 lagi

Sementara tiga piramida Giza adalah yang paling terkenal dan pasti yang paling mengesankan, ada sekitar 120 piramida dari Mesir kuno di daerah tersebut. Di antaranya adalah Piramida Meidum, Piramida Merah, Piramida Khafre dan Piramida Unas.

3. Piramida Besar Terdiri Dari Dua Juta Batu

Itu benar, sekitar 2,5 juta batu mulai dari dua hingga lebih dari lima puluh ton membentuk The Great Pyramid. Yang lebih mengesankan, banyak dari batu-batu itu tidak bersumber secara lokal, melainkan dipotong dan dibawa dari lebih dari 500 mil jauhnya di Aswan.

4. Piramida Terjalin dengan Astronomi

Astronom Mesir kuno menyelaraskan piramida dengan bintang-bintang tertentu di langit malam. Yaitu, Sabuk Orion. Piramida Besar, bersama dengan dua sahabat karibnya, Mekaure dan Khafre sejajar dengan sabuk tiga bintang di konstelasi Orion. Selain penyelarasan langit, ada juga penyelarasan kutub. Tiga piramida Giza berada dalam keselarasan yang hampir sempurna dengan titik mata angin Utara, Selatan, Timur dan Barat.

Baca Juga:  6 Hal yang Dapat Anda Nikmati di Goa, India

5. Piramida Mesir Dibangun di Tepi Barat Karena Suatu Alasan

Semua piramida Mesir, termasuk Giza, terletak di tepi barat Sungai Nil, dan bukan secara kebetulan. Alasannya adalah karena matahari terbenam atau ‘mati’ di barat setiap malam, menjadikannya lokasi yang tepat untuk makam seorang firaun. Ini bukan hanya alasan metaforis tetapi juga alasan literal. Firaun dan orang Mesir kuno sama-sama percaya bahwa dengan beristirahat di barat, mereka akan memiliki perjalanan yang lebih mulus ke alam baka.

6. Mereka Bukan Piramida Tertua di Mesir

Piramida Giza selesai lebih dari 4.500 tahun yang lalu, tetapi hampir setengah abad sebelumnya, piramida paling awal di Mesir telah dibangun. Faktanya, piramida pertama yang diselesaikan adalah Piramida Merah Sneferu yang dibangun pada 2620 SM mendahului piramida Giza sekitar 50 tahun.

7. Piramida Besar Adalah Struktur Tertinggi di Dunia Selama Ribuan Tahun

Terakhir, The Great Pyramid menjulang setinggi 146,5 meter (481 kaki) dan merupakan struktur buatan manusia tertinggi selama 3.800 tahun. Gelar ini diambil dengan dibangunnya Katedral Lincoln pada tahun 1311 M, hampir empat ribu tahun kemudian. Tidak diragukan lagi itu bukan steak berjalan yang buruk, jika Anda bertanya kepada kami.

Related Posts