Australia adalah negeri impian. Dari legenda suci Masa Impian Aborigin, ketika roh-roh agung menyulap terumbu karang, hutan hujan, dan gurun merah, hingga pelancong yang menggambarkan Australia sebagai tujuan impian mereka, Land Down Under layak mendapatkan semua sensasi. Benua terkecil dan pulau terbesar di dunia, Australia berukuran hampir sama dengan Amerika Serikat tetapi dengan populasi sebesar Negara Bagian New York dan beberapa satwa liar paling unik di planet ini.

1. Gedung Opera Sydney

Sebutkan “Sydney, Australia” dan kebanyakan orang berpikir tentang Gedung Opera. Berbentuk seperti cangkang besar atau layar yang mengepul, bangunan terkenal di Bennelong Point Sydney ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu ikon arsitektur besar dunia.

2. Taman Laut Great Barrier Reef

Anda tidak dapat meninggalkan Australia tanpa melihat Great Barrier Reef. Keajaiban alam yang terdaftar sebagai Warisan Dunia ini adalah salah satu bangunan hidup terbesar di planet ini. Itu sangat luas, Anda bisa melihatnya dari luar angkasa. Untuk penyelam, perenang snorkel, pecinta pulau, dan pecinta alam, ini adalah tujuan daftar ember.

Pada tahun 1975, Taman Laut Great Barrier Reef didirikan untuk melindungi ekosistemnya yang rapuh. Ini termasuk lebih dari 3.000 terumbu karang; 600 pulau kontinental, termasuk grup Whitsunday yang indah; 300 pulau karang; dan pulau-pulau bakau pesisir.

3. Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta

Jauh di jantung Red Centre Australia, Uluru (sebelumnya Ayers Rock), adalah salah satu keajaiban alam yang paling banyak difoto di negara ini. Monolit merah yang mencolok membentuk inti dari Uluru-Kata Tjuta National Park, sebuah Situs Warisan Dunia yang dikelola bersama oleh Parks Australia dan pemilik tanah tradisional, suku AŠĻČangu.

Uluru, yang berarti “tempat bayangan” dalam dialek Aborigin setempat, menjulang setinggi 348 meter dari dataran sekitarnya. Sebagian besar bagiannya tersembunyi di bawah permukaan bumi.

4. Jembatan Pelabuhan Sydney

Selain Opera House, Sydney Harbour Bridge adalah salah satu ikon arsitektur top Australia. Disebut “the Coathanger”, prestasi konstruksi yang mengesankan ini adalah jembatan lengkung baja terbesar di dunia. Itu selesai pada tahun 1932, 40 tahun sebelum Sydney Opera House.

Salah satu hal utama yang dapat dilakukan di Sydney adalah pendakian berpemandu ke puncak jembatan, di mana Anda dapat menikmati pemandangan pelabuhan dan kota yang spektakuler. Menjulang 134 meter di atas pelabuhan, jembatan ini membentang sepanjang 500 meter, menghubungkan Pesisir Utara Sydney ke kawasan pusat bisnis. Selain jalur pejalan kaki, dua jalur kereta api memanjang di atas jembatan, serta delapan jalur untuk lalu lintas jalan, dan arah setiap jalur dapat diubah untuk mengakomodasi arus lalu lintas.

5. Taman Nasional Blue Mountains

Situs Warisan Dunia UNESCO, Taman Nasional Blue Mountains yang indah adalah surga bagi pejalan kaki dan wisata sehari yang populer dari Sydney. Itu terletak 81 kilometer berkendara yang mudah ke barat kota.

Dinamakan karena kabut biru yang berasal dari banyak pohon eukaliptus, taman yang menakjubkan ini melindungi lebih dari 664.000 hektar hutan belantara. Saat berkunjung ke sini, Anda dapat menjelajahi ngarai yang dramatis, air terjun, lukisan batu Aborigin, dan jalur hiking sepanjang 140 kilometer.

6. Budaya Melbourne, Victoria

Melbourne, kota terbesar kedua di Australia, adalah perhentian populer di banyak rencana perjalanan Australia terutama bagi para pecinta budaya. Galeri, teater, restoran, toko, dan nuansa khas Eropanya adalah daya tarik utama kota canggih di Sungai Yarra ini. Ini juga merupakan kota hijau, dengan taman, kebun, dan ruang terbuka yang menempati hampir sepertiga dari total luasnya.

Sorotan budaya Melbourne sangat banyak. Kagumi mahakarya di Galeri Nasional Victoria, saksikan pertunjukan di Arts Centre Melbourne, atau kunjungi Federation Square. Di sini, Anda dapat menelusuri karya seni Australia di Galeri Ian Potter dan belajar tentang budaya layar bangsa di Australian Centre for the Moving Image (ACMI).

7. Pantai Bondi, New South Wales

Tubuh berwarna perunggu, pasir pirang, backpacker, dan selancar gabungkan semuanya dan Anda akan mendapatkan salah satu pantai paling terkenal di dunia. Hanya 15 menit dengan mobil dari pusat kota Sydney, Pantai Bondi adalah tempat yang tepat untuk merasakan budaya pantai Sydney. Berjemur di pasir keemasan, berselancar di ombak, atau berenang di musim panas yang panas (namun tetap berada di antara bendera).

Hanya sedikit kota di dunia yang mengklaim memiliki sepotong pasir dan laut yang begitu memikat yang begitu dekat dengan kota. Tidak heran ini adalah salah satu pantai terbaik di Sydney. Dan Anda juga akan menemukan beberapa sejarah di sini: Bondi menjadi tuan rumah salah satu klub penyelamat kehidupan selancar tertua di dunia.

8. Taman Nasional Daintree

Area Warisan Dunia Tropis Basah, Taman Nasional Daintree di Far North Queensland adalah salah satu ekosistem paling kuno di Bumi. Daerah ini milik orang-orang Aborigin Kuku Yalanji Timur, dan banyak fitur alamnya memiliki makna spiritual yang besar.