Tidak ada diet di Camino de Santiago. Berjalan di ziarah kuno ini memberi Anda tiket masuk gratis untuk makan makanan lezat sebanyak yang Anda inginkan, dan ada banyak hidangan lezat untuk dipilih.

Di sepanjang jalur bersejarah Iberia ini, Anda akan berkesempatan untuk mencicipi masakan Spanyol di berbagai restoran dan bar tapas. Anda dapat yakin Anda akan jatuh cinta dengan Camino melalui perut dan kaki.

Untuk memaksimalkan petualangan spiritual dan gastronomi Anda, berikut adalah beberapa hidangan yang harus Anda coba.

Pil Cod

Pil pil cod adalah resep yang harus Anda coba jika Anda berjalan di Rute Utara Camino dari Basque Country. Hidangan ini berisi empat bahan dasar: cabai, bawang putih, minyak zaitun, dan ikan cod. Namun protagonis utama adalah saus yang memberikan rasa yang luar biasa. Nama hidangannya adalah onomatopoeia dari suara ledakan yang dihasilkan ikan cod saat sedang diglasir.

Gâteau Basque

Gâteau adalah kue yang diisi dengan buah dan krim. Ada banyak versi Gâteau. Masing-masing sangat sederhana, namun sangat lezat! Gâteau cocok dinikmati dengan secangkir kopi.

Ini adalah spesialisasi lain yang berasal dari Negara Basque, meskipun bagian Prancis. Namun, jika Anda memutuskan untuk menempuh rute Prancis, Anda tidak akan kesulitan menemukan Gâteau di St. Jean Pied-de-Port.

Garlic Soup

Jalan Prancis memiliki dua pusat kuliner León dan Kastilia. Kedua tempat ini terkenal dengan sup Bawang Putihnya. Ini adalah salah satu hidangan khas Jalan Saint James. Karena resepnya sangat sederhana, orang Kastilia memakannya selama Paskah.

Ini termasuk paprika, kaldu, bawang putih, minyak zaitun, telur, daun salam, serrano ham, dan roti keras. Lezat dan dikemas dengan nutrisi, sup sehat ini adalah bahan bakar yang bagus untuk para peziarah.

Jamon Iberico

Menurut orang Spanyol, ham Iberia adalah daging terbaik yang diawetkan di dunia, dan banyak peziarah internasional mendukung klaim ini. Mereka membuatnya dari babi yang memakan rumput liar, tumbuh-tumbuhan, dan biji ek sambil bebas berkeliaran di hutan ek. Jamón Ibérico memiliki rasa yang unik karena cara babi diternakkan.

Anda bisa memakannya sebagai pincho (tapa kecil), dengan beberapa almond Spanyol, atau bocadillo (sandwich). Lemak adalah bagian dari pengalaman, jadi jangan dibuang.

Lentil Stew

Setelah seharian berjalan-jalan di Camino de Santiago, sup miju-miju adalah salah satu hidangan paling memuaskan yang bisa Anda makan. Tidak peduli rute mana yang Anda ambil atau tempat Anda berhenti untuk makan, itu sering ada di Menu Pilgrim, jadi Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mencobanya.

Bahan-bahan dari rebusan kental ini adalah lentil, bawang putih, bawang bombay, wortel, dan smoky chorizo. Ini sama lezatnya dengan cantiknya.

Pimientos de Padron

Pimientos de Padron adalah beberapa makanan terbaik yang ditawarkan Galicia. Saat Anda mendekati Santiago de Compostela, Anda akan melihat semakin banyak paprika hijau yang unik ini.

Varietas paprika hijau ini tidak pedas sama sekali. Mereka asin dan agak berasap. Paprika Padrón biasanya digoreng dengan minyak zaitun. Paprika memang sederhana, tetapi begitu Anda mencobanya, Anda tidak akan percaya betapa memuaskannya paprika itu.

Flamenca-style eggs

Telur a la Flamenca adalah hidangan paling flamenco di Sevilla. Anda tidak boleh melewatkannya jika mengambil rute Via de la Plata. Bahan dari hidangan Sevilla yang terkenal ini adalah asparagus hijau, bawang putih, bawang merah, kacang hijau, ham, kacang polong, paprika piquillo, chorizo, tomat merah, dan, tentu saja, telur.

Namun, bahannya bisa sedikit berbeda, karena banyak restoran dan koki memiliki resep khusus mereka sendiri. Secara tradisional, hidangan ini disajikan dalam pot tanah liat.

Porridge

Setelah Anda melewati desa Vega de Valcarce, Anda akan melihat menu khas Spanyol klasik ini muncul di mana-mana. Pulpo adalah hidangan gurita rebus yang direndam dalam minyak zaitun dan disajikan dengan paprika asap.

Mempersiapkan Pulpo benar-benar sebuah seni karena tidak bisa terlalu keras atau terlalu lunak, dan hanya membutuhkan sentuhan paprika dan garam yang tepat. Ini adalah salah satu makanan khas Camino de Santiago dan tempat terbaik untuk mencobanya adalah kota Melide.

Cocido Lebaniego

Cocido Lebaniego adalah suguhan gastronomi paling terkenal di kota Liebana, salah satu pemberhentian di Camino Lebaniego. Namun, jika Anda berjalan di Rute Utara, itu hanya jalan memutar kecil di dekat biara Santo Toribio. Resepnya termasuk sosis babi Spanyol pedas, sosis babi hitam, bacon, kol, kentang, dan buncis.