Indonesia memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi, tidak semuanya pantai, gunung, dan lautan. Indonesia juga memiliki beberapa sistem gua alam yang eksotis yang siap untuk dieksplorasi.

Beberapa wisata goa ini dinobatkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara, bahkan beberapa yang terindah di dunia. Berikut Nova88 sajikan 5 gua terbaik di Indonesia yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Jomblang

Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang menawan untuk memenuhi segala kebutuhan. Kota ini menawarkan petualangan gua melalui Gua Jomblang. Jomblang yang terletak di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta ini dikenal sebagai salah satu gua vertikal terindah di Indonesia. Karena posisinya yang vertikal, mereka yang ingin menjelajah diharuskan menggunakan peralatan caving vertikal, teknik tali tunggal, dan instruktur terlatih.

2. Cartenz

Jika Anda mengira gua es hanya ada di luar negeri, Anda salah. Indonesia juga punya yang hebat di Papua. Karena berada di ketinggian yang ekstrim, gua ini juga tertutup bongkahan es dan salju. Jika ingin melalui goa ini harus bugar jasmani dan rohani, serta memiliki banyak stamina.

3. Gong

Pacitan juga disebut sebagai Kota 1001 Gua karena banyaknya tempat wisata gua di sana. Namun ada satu goa yang menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan yaitu goa gong. Terletak di Desa Bromo, Kecamatan Punung, Pacitan; Gong memiliki kualitas yang istimewa. Bunyi khas seperti gamelan gong dipancarkan dari formasi stalaktit dan stalagmit, dari bunyi yang mengenai mereka dan gema di sekitar gua. Selain pemandangan indah di dalam goa, suaranya juga indah. Tak heran jika gua ini disebut sebagai yang terindah di Asia Tenggara.

4. Maharani

Terletak di Lamongan, Jawa Timur, koleksi stalaktit dan stalagmit yang indah di Gua Maharani dianggap unik di dunia. Ini karena stalaktit dan stalagmit di dalam gua terus berkembang dan memancarkan cahaya warna-warni selama transisi cahaya. Karena keindahannya, tak jarang wisatawan menyamakan gua ini dengan gua Altamira di Spanyol, gua Mamonth di Amerika Serikat, dan Carlsbad di Prancis.

5. Bantimurung

Gua ini terbilang agak istimewa. Terdapat 268 gua di kawasan karst yang membentang di atas lahan seluas 43.750 hektar. Kawasan karst ini terletak di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang membentang dari Kabupaten Maros hingga Kabupaten Pangkajene dan menyebrang ke Kepulauan Pangkep di Sulawesi Selatan. Dari 268 gua yang telah diteliti, 50 gua tercatat telah digunakan pada zaman prasejarah, dengan banyak lukisan dan jejak makanan manusia purba telah ditemukan.