Danau dan sungai berwarna di seluruh dunia ini tampak terlalu indah untuk menjadi kenyataan… Kebanyakan orang berpikir air berwarna biru karena lautan yang mengelilingi kita berwarna biru, tetapi ini tidak benar. Air sebenarnya jernih, jadi warna yang kita lihat di danau, lautan, dan badan air lainnya sebenarnya adalah pembiasan cahaya dari berbagai partikel di dalam air.

1. Caño Cristales, Colombia

Dikenal sebagai sungai pelangi dalam bahasa Inggris, airnya sangat jernih karena kurangnya nutrisi dan partikel kecil, ledakan warna berasal dari tanaman air. Warnanya pun beragam mulai dari merah, putih, hitam, biru, dan kuning.

2. Laguna Colorada, Bolivia

Danau asin ini mengandung pulau boraks, yang warna putihnya kontras dengan warna kemerahan perairannya, yang disebabkan oleh endapan merah dan pigmen alga.

3. Grand Prismatic Spring, AS

Terletak di Taman Nasional Yellowstone, warna cerah cerah di musim semi adalah hasil dari tikar mikroba di sekitar tepi air. Tikar menghasilkan warna mulai dari hijau hingga merah.

4. Chott el Djerid, Tunisia

Danau garam besar ini terletak di bagian Tunisia gurun Sahara, ini adalah danau musiman yang mengering hampir sepanjang tahun. Warna airnya bervariasi dari hijau muda hingga merah muda lembut dan oranye cerah.

5. Danau Natron, Tanzania

Danau air asin yang dangkal ini menguap dengan cepat karena iklim yang panas dan meninggalkan garam. Mikroorganisme berkembang dalam kondisi asin yang memberikan warna ini pada air karena mereka menggunakan pigmen merah untuk fotosintesis agar tetap hidup.

6. Laguna Biru Buxton, Inggris

Tidak seperti perairan lain dalam daftar ini, laguna ini sengaja dibuat hitam untuk memperingatkan orang agar tidak berenang. Warna biru berasal dari bahan kimia yang keluar dari batugamping.

7. Laguna 69, Peru

Ketinggian laguna pirus ini berada pada 14.764 kaki yang luar biasa. Ini mendapatkan rona pirus cerah yang menakjubkan dari mineral di dalam air.